Sosialisasi Penjatuhan Hukuman Disiplin PNS

Sosialisasi hukdis

NICT – Dalam rangka meningkatkan disiplin dan kinerja pegawai, Bagian Kepegawaian UIN Jakarta menyelenggarakan Sosialisasi Penjatuhan Hukuman Disiplin PNS pada Jumat 9 September 2016 di Auditorium Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Nasional.

Dalam pembukaan, Kepala Biro PK, Drs. H. Subarja, M.Pd. selaku Plh. Biro AUK di hadapan para Kabag dan Kasubbag menyampaikan bahwa penghukuman disiplin pegawai selama ini diserahkan ke bagian kepegawaian Biro AUK, padahal di tingkat unit berkewajiban menindak pegawai yang tidak mematuhi aturan. “Dalam PP 53 Tahun 2010 kita punya kewajiban menghukum, tetapi seringkali ewuh-pakewuh sehingga seakan terjadi pembiaran”.

Pada sesi pertama dihadirkan Iwan Kurniawan, S.Pd., M.Si., Kasubbag Penghargaan dan Kesejahteraan Pegawai Bagian Perencanaan dan Penghargaan Biro Kepegawaian Sekretariat Jenderal Kementerian Agama sebagai narasumber. Iwan Kurniawan menyampaikan hal-hal umum yang diatur dalam PP 53 Tahun 2010 Tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil.

Sesi kedua dimulai setelah salat Jumat dengan narasumber Joko Sukarno SH, Kasubbag Peraturan Perundang-undangan. Joko Sukarno menyampaikan penjabaran PP 53/2010 secara spesifik yang dapat diterapkan sesuai dengan kondisi di lingkungan UIN Jakarta. “Sesuai amanah PP 53/2010, jika pejabat tidak melaksanakan hukuman indisiplin terhadap bawahannya, maka pejabat yang bersangkutan akan dikenakan sanksi atas pelanggaran yang dilakukan oleh bawahannya” demikian Joko Sukarno menegaskan.

Sasaran yang ingin dicapai dalam kegiatan sosialisasi ini adalah adanya pemahaman yang utuh dari para pejabat hingga ke eselon terendah terkait adanya tanggung jawab untuk menegakkan disiplin terhadap para bawahannya. “Setiap pejabat bertanggung jawab untuk melakukan pembinaan terhadap bawahannya, termasuk melakukan penindakan terhadap mereka yang melanggar disiplin” demikian disampaikan Kabag Organisasi, Tatalaksana, Kepegawaian, dan Peraturan Perundang-undangan, Kuswara. Lebih jauh Kuswara berharap, kedepan penindakan terhadap pegawai yang melanggar disiplin dapat diselesaikan oleh pejabat berwenang sesuai eselon pada unit masing-masing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *